Minggu, 05 Februari 2017

Tips Menulis Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris Dengan Baik

Tips Menulis Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris Dengan Baik - eureka.or.id, Sebuah hal yang tak kalah pentingnya dalam urusan administrasi ialah surat-menyurat. Dan pokok bahasan ini yang akan kami bahas pada postingan kami kali ini. Memang menulis dalam bahasa inggris bagi teman-teman yang sudah terbiasa bisa dibilang gampang, dengan syarat punya kosa kata dan mengetahui kaidah penggunaan tata bahasa. Namun, banyak sekali ternyata diantar kita semua yang belum mengetahui pasal surat menyurat dalam bahasa inggris. Untuk itu tips menulis surat resmi dalam bahasa inggris ini kami buat sebagai bahasa reminder poin-poin penting dalam penulisan surat.

Tips Menulis Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris

Tips Menulis Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris
Image taken by Eureka English Center

Tentunya pentingnya untuk kita mengetahui cara penulisan surat resmi dalam bahasa inggris. Pastinya jika kita sudah mengetahui bagaimana cara penulisan baik dan benar tersebut hanya saja mungkin dari kita yang seling terlewatkan poin-poin penting yang terkadang menjadi fatal dalam penulisan surat resmi tersebut. Dan tentunya lebih sulit dari pada bahasa indonesia, akan tetapi mengetahui dan menghindari kesalahan-kesalah pada penulisan surat resmi menjadi alternatif sebagai bahan acuan penulisan yang baik nantinya.

Tips Menulis Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris


1. Pembukaan dan Penutupan yang sopan

Anda bisa menggukan pembuka surat sebagai berikut:

Dear Mr (diikuti nama orang yang ditujukan dalam surat tersebut)
Dear Mrs (diikuti nama orang yang ditujukan dalam surat tersebut)

Kalaupun anda belum mengetahui nama dari subject dari orang yang dituju, anda juga bisa menggukan:

Dear Madam atau Dear Sir

Untuk penutup suratnya bisa menggukan seperti ini:

Sincerely Yours (Digunakan untuk dalam surat formal atau resmi)
Best Regards (Kalau anda sudah melakukan surat-menyurat pada orang tersebut)

2. Jangan lupa mengucapkan terimakasih.

Ucapan terimakasih sangat penting sekali terlebih dalam penulisan surat resm. Berikut ini adalah contoh saja ucapan terimakasih yang bisa sobat gukan dalam penulisan surat tersebut.

Thank you for taking your precious time.
I am looking forward to hear from you. Thank you.
Thank you for your help.

3. Menggukan bahsa isi yang sopan

Jikalau surat anda berisikan permohonan ataupun tawaran, hendaknya juga menggukan bahasa pilihan ataupun bahasa yang sopan sepeti hal diabwah ini.

I would greatly appreciate if you could  …..
I would be grateful to you, if you could  …..

atau dengna bahasa yang lain yang pastinya kalau dalam bahasa inggris menggukan modal bentuk kedua dapat digunakan dalam bentuk kesopanan.

4. Hindarilah penulisan singkatan

Inilah hal yang terpenting harus kita hindari, memang si sedikit beda dengna speaking, kalau speaking pasti kita tahu bukan. Ini bukan merupakan sebuah masalah, namun hal ini akan menjadi masalah kalau dalam menulis surat resmi misalnya seperti contoh dibawah ini.

Gotta= have got to
Wanna= want to
Won't = will not
Don't = do not
U = you
It's = It is

5. Tulislah kelengapan atribut anda

Hal ini bisa tercover semua dari nama lengkap, pekerjaan, dan jabatan. Kemudian yang terakhir adlah tanda tangan anda.

6. Hindari typo dan penggunaan punctuation dengan benar

Salah spelling dan penggukan tanda baca atau "punctuation" adalah vital juga, usahakan baca ulang, 2 atau sampai 3 kali sebelum surat di print atau di kirim. Perhatikan penulisan tanggal dan lain-lain.

February 4, 2017
Mr. Ahmad, M.Pd
The Director of Eureka English Center
Metro, Lampung

Demikiaan lah sedikit artikel tips menulis surat resmi dalam bahasa inggris dari kami yang mudah-mudahan bisa membantu kita untuk lebih berhati-hati dalam menulis surat resmi.

Eureka English Center
Eureka English Center

Stay Close Together, merupakan acuan yang merepresentasikan nilai dan tujuan dari lembaga kami yang berorientasikan kebersamaan dalam memperoleh ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar