Wednesday, August 15, 2018

Pengertian, penggunaan, dan contoh pronoun dalam Bahasa Inggris



Pengertian, penggunaan, dan contoh pronoun dalam Bahasa Inggris

Dalam pembelajaran Bahasa, tentu kita akan familiar dengan yang disebut sebagai “Kata Ganti”.  Baik dalam Bahasa Indonesia ataupun dalam Bahasa Inggris. Namun dalam Bahasa Inggris, “Kata Ganti” dikenal dengan “Pronoun”.

Pengertian Pronoun
Dalam grammar, pronoun didefinisikan sebagai suatu kata yang dapat menggantikan suatu kata benda (noun) atau suatu frasa kata benda (noun phrase). Pronoun tersebut biasanya dapat berupa orang, benda, hewan, ataupun tempat. Selain itu, pronoun terbagi atas beberapa jenis seperti personal pronoun, object pronoun, possessive adjective, possessive pronoun, dan reflexive pronoun

Berikut ini adalah tabel pronoun serta penjelasannya:

No.
Personal Pronouns
Object Pronouns
Possessive Adjective
Possessive Pronouns
Reflexive Pronouns
1.
I
Me
My
Mine
Myself
2.
You
You
Your
Yours
Yourself
3.
We
Us
Ours
Ours
Ourselves
4.
They
Them
Their
Theirs
Themselves
5.
He
Him
His
His
Himself
6.
She
Her
Her
Hers
Herself
7.
It
It
Its
Its
Itself

1.      Personal Pronoun
Personal pronoun adalah kata ganti untuk manusia, hewan, benda mati dan selalu digunakan di awal kalimat sebagai subjek. Personal pronoun merupakan pronoun yang paling umum digunakan dan selalu ditemui pada setiap kalimat yang tidak menggunakan nama pada subjeknya. tidak hanya merujuk pada orang.
Personal yang dimaksud berarti sebagai kata ganti orang pertama (first person), kata ganti orang kedua (second persond), dan kata ganti orang ketiga (third person) baik benda atau yang lainnya. Personal pronoun merupakan pronoun yang sangat umum digunakan dalam sebuah kalimat dan digunakan sebagai subjek. Adapun pronoun tersebut sebagai berikut:

Singular
Plural
First Person
I (Saya)
We (Kita)
Second Person
You (Kamu)
You (Kalian)
Third Person
He (Dia laki2)
She (Dia perempuan)
It (Dia benda atau hewan)
They (Mereka)

Contoh:
-          I am a student in Eureka English Center.
-          They present a conversation in front of the class.
-          She doesn’t like to complain.

2.      Object Pronoun
Meskipun sama-sama merupakan kata ganti, namun object pronoun biasanya ditempatkan sebagai objek dalam kalimat. Adapun jenis-jenis object pronoun antara lain sebagai berikut:
Object Pronouns
Penggunaan
Me
Me berarti “saya”. Kata ini merupakan objek dari kata ganti “I” dan fungsinya sama yaitu untuk menunjuk si pembicara sendiri.
You
1.      You berarti “kamu”. Kata ganti ini memiliki penulisan yang sama dengan subject pronoun “You” dan tidak mengalami perubahan sama sekali. Meskipun begitu, pembaca harus teliti dalam membedakannya. Hal yang paling gampang untuk membedakannya yaitu you sebagai object pronoun selalu diletakkan dibelakang kalimat karena peranannya sebagai objek kalimat. Object pronoun you juga bisa berbentuk jamak dan memiliki arti “kalian” jika ia digunakan untuk menunjuk banyak orang.
Us
Us merupakan bentuk object pronoun dari kata “We” yang berarti “kami/ kita”.
Them
Them, berarti mereka, merupakan object pronoun dari kata ganti “They” dan digunakan untuk menunjuk orang-orang yang tidak berada di hadapan pembicara.
Him
Him berarti dia (laki-laki) dan bentuk object pronoun dari “He”.
Her
Her berarti dia (perempuan) dan merupakan bentuk object pronoun dari “She”.
It
It menunjuk pada hewan ataupun benda mati. Object pronoun ini tidak mengalami perubahan dari subject pronounnya.

Contoh:
-          The manager asks you to present the program.
-          Would you tell us about the result of competition?
-          Rahayu invites them to join the party.

3.      Possessive Adjective
Possessive adjective merupakan kata ganti untuk orang maupun hewan yang menunjukkan kepemilikan terhadap sesuatu. Jenis pronoun ini selalu diikuti dengan noun dan berfungsi untuk menerangkannya, oleh sebab itu ia dikenal sebagai adjective dan dinamakan possessive adjective. Jenis-jenis possessive adjective antara lain:
Possessive Adjective
Penggunaan
My
My berarti milik saya. Kata ini digunakan untuk menunjukkan kepemilikan pembicara terhadap sesuatu hal ataupun benda.
Your
Your berarti milik kamu. Kata your digunakan untuk menunjuk pada benda yang merupakan kepunyaan dari orang yang berada di hadapan kita saat kita sedang membicarakannya. Kata your juga bisa berbunyi jamak dengan arti milik kalian.
Ours
Our bermakna kepunyaan kami. Saat menggunakan kata our berarti pembicara juga terlibat dalam kepemilikan terhadap sesuatu bersama-sama dengan orang yang ditunjuk.
Their
Their bermakna kepunyaan mereka. Kata their menunjuk pada kepunyaan orang-orang yang tidak berada di sekitar kita terhadap sesuatu.
His
His berarti milik dia (laki-laki). Di saat kita membicarakan mengenai suatu benda yang merupakan milik orang lain yang berjenis kelamin pria, maka kata ganti his digunakan.
Her
Her memiliki makna milik dia (perempuan). Fungsinya sama seperti his namun kata ganti ini digunakan untuk menunjuk pada perempuan.
Its
Its menunjuk kepada kepunyaan hewan/ benda mati terhadap sesuatu.

Contoh:
-          My name is Rachmad.
-          His father works as a staff in the company.
-          It is our goals to be the general winner in this English competition.

4.      Possessive Pronoun
Jenis pronoun yang satu ini juga menunjukkan kepemilikan, oleh karena itu ia mengandung nama possessive. Possessive pronoun tidak diikuti dengan noun setelahnya seperti possessive adjective karena ia sendiri menggantikan tempat noun dalam kalimat. Jenis-jenis possessive pronoun antara lain:
Possessive Pronouns
Penggunaan
Mine
Mine adalah bentuk possessive pronoun dari kata “I” dan bermakna “milik saya”.
Yours
Yours bermakna “milik kamu” atau jika berbentuk jamak, ia bermakna “milik kalian”.
Ours
Ours artinya “milik kami”.
Theirs
Theirs bermakna “milik mereka”.
His
His artinya “milik dia (laki-laki)”.
Hers
Hers artinya “milik dia (perempuan)”.
Its
Its artinya “milik dia (binatang/ benda mati)”.

Contoh:
-          Do not take other drink! I have already give yours.
-          They make a sign in each front of our room, therefore it is easy to recognize ours.
-          Melina always purchases a lot of make-up products and all of these are hers.

5.      Reflexive Pronoun
Reflexive pronoun merupakan jenis kata ganti yang berfungsi untuk menunjukkan bahwa aksi ataupun hal yang terjadi dilakukan oleh ataupun berdampak pada orang yang ditunjuk oleh kata ganti tersebut. Jenis-jenis reflexive pronoun antara lain:
Reflexive Pronouns
Penggunaan
Myself
Myself berarti “saya sendiri”. Kata ganti ini berfungsi menunjukkan bahwa hal yang terjadi dilakukan oleh pembicara sendiri.
Yourself
Yourself berarti “kamu sendiri”. Ini merupakan bentuk tunggal dan jika berbentuk jamak, bentuknya menjadi “yourselves”, maka artinya menjadi “kalian sendiri”.
Ourselves
Ourselves berarti “kita/ kami sendiri”.
Themselves
Themselves berarti “mereka sendiri”.
Himself
Himself berarti “dia sendiri”. Jika herself digunakan untuk menunjuk pada perempuan, maka himself untuk pria/ laki-laki.
Herself
Herself berarti “dia sendiri”. Dia yang dimaksud dalam kata ganti ini hanya bisa digunakan untuk menunjuk pada perempuan.
Itself
Itself berarti “dia sendiri”. Kata ini menunjuk pada binatang.

Contoh:
-          The children were asked to decorate the classroom by themselves.
-          Dedy carries that heavy box himself.
-          We prepare everything for the competition by ourselves.

Di atas merupakan ringkasan keseluruhan dari Pengertian, penggunaan, dan contoh pronoun dalam Bahasa Inggris. Kelima pronoun tersebut sangat umum digunakan dalam basic grammar Bahasa Inggris. Selain itu, tabel diatas juga mempermudah anda untuk menghafalnya dengan cepat. Semoga materi ini bisa membantu anda dalam memahami materi seputar Pronoun dengan cepat dan mudah. Terima kasih.


Referensi
Jack C. Richards and Richard Schmidt. Dictionary of Language Teaaching & Applied Linguistics, Longman, 2002, Third Edition.
John Eastwood. Oxford Guide to English Grammar, Oxford University Press, 2002, Seventh Impression.


Article by Eureka English Center
Unknown
Unknown

Stay Close Together, merupakan acuan yang merepresentasikan nilai dan tujuan dari lembaga kami yang berorientasikan kebersamaan dalam memperoleh ilmu pengetahuan.

No comments:

Post a Comment